We Care, Kita Peduli Ayo Jaga Lingkungan Kita Bersih dan Hijau

Tips Hemat Energi di Rumah

Banyak energi yang bisa dihemat di rumah. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Lampu
Matikan lampu saat tidak digunakan. Gunakan lampu hemat energi.

2. Kulkas
Hindari membuka-tutup lemari es terlalu sering agar udara dingin tidak keluar. Jika udara dingin keluar, kompresor akan bekerja keras lagi untuk menghasilkan suhu yang diinginkan dan hal ini membutuhkan energi yang juga besar.
Jangan mengisi lemari es terlalu banyak, karena akan menghambat proses pendinginan. Kompresor pun perlu bekerja keras untuk mendapatkan suhu normal.

3. AC
Manfaatkan fitur night set back atau economy mode saat tidur. Fitur ini akan meringankan kerja C secara perlahan tanpa mengurangi kenyamanan dan lebih hemat listrik. Bisa juga dengan mengatur waktu operasi AC, dan AC akan berhenti bekerja pada waktu yang telah diatur di mana suhu kamar pun sudah cukup dingin untuk memberi kenyamanan saat tidur. Mengatur temperatur agar tidak terlalu dingin. Hal ini akan mengurangi pemakaian listrik karena kerja AC menjadi lebih ringan.

Aturlah fan operation mode pada setting auto. Dengan demikian, jika suhu yang diinginkan sudah tercapai, maka secara otomatis akan mengurangi kerja fan. Jika diatur pada posisi high, akan menyebabkan AC bekerja dengan kecepatan tinggi sepanjang waktu. Pastikan instalasi AC dalam posisi benar dan baik. Pasalnya, kesalahan instalasi dapat menyebabkan pemborosan energi dan kerja AC menjadi tidak maksimal.

AC dicuci minimal 3 bulan sekali agar tidak bau dan mengurangi terjadinya korosi. Apabila korosi terjadi di bagian evaporator, maka proses pendinginan tidak berjalan sempurna dan ujung-ujungnya akan membutuhkan energi yang lebih banyak sehingga semakin boros.

4. Microwave
Gunakan semacam stabilizer untuk proses on dan off dibandingkan menghubungkan serta mencabut kabel secara langsung. Hal tersebut berpengaruh langsung pada kondisi microwave, di mana berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, apabila menggunakan stabilizer akan lebih menjadikan microwave lebih tahan lama.

5. Kabel listrik
Mencabut kabel listrik dari saklar. Walaupun perangkat sudah dimatikan, jika kabel masih tersambung maka akan terus dalam kondisi stand by, sehingga sama halnya dengan mengonsumsi listrik. Hal ini berlaku untuk perangkat TV, microwave, blender, dll.

0 komentar:

Posting Komentar